Langsung ke konten utama

curhat bareng Mbok Dhe

Jumat, 4 November 2011

mulai ngetik > 22:27 wik

Seperti biasa, malam ini rasanya susah banget buat pejamin mata. Padahal badan udah capek banget abis kerja dari jam setengah delapan tet sampai jam lima sore pas. Rasa-rasanya virus galau mulai menjadi dan berdampak pada berkurangnya jam tidur. Aku sendiri nggak yakin apa yang jadi beban pikiranku sampai-sampai aku insomnia. Kayaknya semuanya biasa-biasa aja, nggak ada yang rumit kecuali thesis. Tapi malam ini sumpah demi apapun aku lagi nggak mikir soal thesis sama sekali. Life feels free without something calls ‘thesis’. But, why i feel so sad tonight?

Well, karena aku nggak bisa bobok aku putuskan untuk cerita. Kali aja dengan cerita gini apa yang ada dipikiranku bisa tersalurkan dan nggak jadi daging tumbuh di otak. hahaha. Ditemani dengan lagu mocca dan tangga, juga lepy ku yang setia nampung semua keluh kesah selama ini, gue akan cerita. Ngalir aja yah ceritanya. Biar semua tetek bengek yang ada di otakku bisa tersalurkan malam ini, dan aku bisa tidur nyenyak tanpa beban.

Dimulai dengan ,,,, hhhmmmm,,, {mikir bentar...}

{30 detik kemudian....}

Oke! Aku mulai dengan kantor. Yah, setelah kerja di Bank Syariah Mandiri sebagian besar waktuku dihabiskan dikantor. Dari senin sampai jumat, dari jam tujuh pagi sampai jam lima sore, sehari 10jam kali 5 jari kerja. 50 jam dari 168 jam yang aku punya dalam seminggu. Sekarang kantor yang mendominasi waktuku.

Ada apa aja dikantor?????? banyaakkk....!

Jumat ini ada yang beda pas pengajian pagi tadi. Biasanya ada si Bening yang paling keras suaranya sekaligus cepet banget baca Yasin-nya. Tapi mulai Jumat ini nggak ada situasi itu lagi. Aku udah pernah cerita kan kalo si Bening udah resign? Tadi pagi pas pengajian terasa banget bedanya. Yah, ada pertemuan pasti ada perpisahan, semua tinggal urusan waktu. Hehehehe...

Ohya,eniwei, di kantor ada security yang mirip banget sama seseorang, you know lah, dia yang tak bisa disebutkan namanya [kita pake inisial aja yah? lebih aman ^_^]. Sejak gue pertama kali masuk ke BSM KC Kendal dan ketemu tuh orang, gue langsung mikir apa dia sodaraan ya sama Mr. F? Kenapa mereka bisa mirip banget ya? OMG, apa gue kena dimensia dan berhalusinasi gara-gara kangen berat sama Mr. F sampai aku ngerasa kalo Mr. F menjelma jadi pak satpam ditempat kerjaku?

Pertanyaan itu tetep muter dikepala gue dan gue pendem sendiri. Gue sempet bilang ke Mbak Wid pas awal-awal masuk dulu kalo Mas A (inisial si security) mirip banget ma mantan gue. Tapi respon Mbak Wid biasa-biasa aja. Mbak Wid pernah aku kasih tau fotonya Mr. F tapi nggak begitu jelas.Dia bilang ‘sekilas mirip sih, tapi kalo diliatin beda kok’. Kadang-kadang Mbak Wid sering godain sih kalo aku lagi papasan ma Mas A. Gue ngerasa belom begitu puas karena Mbak Wid belom tau bener gimana miripnya Mas A sama Mr. F. Akhirnya gue batin aja deh semua itu sampai dengan beberapa hari yang lalu...

Berawal dari undangan nikahnya Mbak Elva (temen kantor, mantan Teller yang sekarang dirolling jadi CS). Mbak Dian Fitri (Mbok Dhe) tanya ‘kapan esti nikah?’. Gue diem sebentar untuk mikir harus nanggepin apa. Sampai pada akhirnya aku tergerak untuk curhat tertutup sama Mbak Dian (Mbok Dhe) soal apa yang aku alami, aku rasakan, dan aku pikirkan selama sepekan ini. Kayak gini nih curhatnya (gue agak lupa, tapi point-pointnya aku masih inget) :

>> Gue akhir-akhir ini lagi kentheng banget sholat dan minta sama Allah buat ngasih petunjukNya tentang siapa sebenernya jodoh gue. Gue ini tulang rusuk siapa ya Allah??? Sebenernya gue tipe orang yang cuek dengan hal yang berbau jodoh ini. Tapi sejak Babe ma Mami nanyain siapa sih pacar gue sekarang, gue mulai mikir sepertinya mereka mulai khawatir sama anak gadisnya yang belom dapet tambatan hati sampai usia 23 tahun ini. Gue turutin saran Nyak Babe yang nyusuh gue sholat khusyu’ dan minta wangsit soal jodoh sama Yang Bikin Idup, Bos Besar.

>>Mbok Dhe : Ya Allah, aku bersyukur punya ortu yang nggak ngoyak-oyak ngono kuwi. Aku wae lagi nikah umur 28. Kowe ki sih termasuk enom lho es. Lagi 23 tahun tho? yo paling 2 tahun lagi nembe..

>>Lanjut. Sekarang gue emang lagi nggak deket sama siapa-siapa. Tapi setelah gue fokus untuk nyuwun sama Gusti Allah, pikiranku jadi terpusat sama 2 orang. Yang satu Mr. H (yang di Solo, yang udah terluka berat gara-gara gue, sampai sekarang gue masih merasa bersalah dan malu sama dia, gue udah jahat banget sama dia), dan yang satu lagi Mr. F.

Beberapa hari yang lalu gue dapet SMS dari nomor yang nggak aku kenal. Pas aku tanya namanya siapa, dia nggak jawab. Eh, dia malah main tebak-tebakan sama gue. Salah satu SMSnya tanya ‘seagames 2011 diadakan dimana?’. Nggak penting banget kan???

Gue penasaran berat sama orang ini. Gue malah sempat menghubung-hubungkan SMS ini dengan doa yang gue minta beberapa waktu ini. Apa orang iseng ini ya Allah yang kau kirim sebagai jawaban atas doa-doaku?

Sampai akhirnya gue coba jebak dia dengan gantian nanya sama dia ‘berapa tanggal lahir mamahku?’. Dia jawab ‘sek, tak tanya Cahyo sik’. Gubrak!!! satu fakta yang mengagetkan adalah dia kenal Cahyo (adekku). Pikiran gue langsung ke Mr. H karena dia kenal sama Cahyo. Mereka sama-sama di Solo. Entah kenapa feeling ku bilang kalo Mr. H sebenernya masih nggak rela kehilangan gue. Tapi gue udah nggak mau, gue malu sama dia, gue nggak siap ketemu dan ngobrol lagi sama dia. Gue berharap kalo itu bukan dia.

Gue selalu nanyain siapa nama pemilik nomor asing itu untuk meyakinkan kalo itu bukan dia, dan gue harap itu memang bukan dia, tapi dia tetep nggak mau jawab. Sampai saat gue udah mulai males nanggepin. Gue bilang kalo dia nggak mau nyebutin namanya gue nggak akan mau respect sama SMSnya.

Hari berikutnya dia SMS lagi. Kali ini dia ngirim alamat web yang isinya bilang kalo ‘nggak perlu susah payah mempercantik fisik, yang penting adalah mempercantik hati’. Terus gue nanggepin bales SMS ‘makasih buat sharingnya’. Abis itu dia bales SMS gue ‘ katanya nggak mau bales SMS ku ndhuk?’. What?????? Dia manggil gue ‘Ndhuk’??? Satu-satunya orang yang manggil gue ‘ndhuk’ kan cuma Mr. F. Apakah ini artinya yang SMS aku Mr. F? Tapi kenapa dia tau soal Cahyo? Seolah-olah dia udah akrab bener sama Cahyo. Padahal setau gue mereka belum pernah ngobrol baik.

Malam itu, sekitar jam setengah satu dini hari, gue keluarin laptop, modem dan charger. Aku relain tidurku terganggu untuk nyari kode area nomor HP 087814. Gue penasaran. Dan setelah sekitar 30 menit brosing, walla, akhirnya ketemu. Nomor Banjarmasin!!! Itu artinya nggk salah lagi, memang Mr. F yang isengnya kebangetan, yang bikin gue penasaran selama ini!! Dan pikiran gue kembali lagi ke awal. ‘Apakah ini jawaban dari doa-doaku selama ini???’ huft...

>> Mbok Dhe : lha kamu kok bisa putus sama Mr. F ki piye ceritane?

>> [Gue ceritain deh ke Mbok Dhe gimana proses kenalan gue sama dia dan cerita tentang kita di masa lalu sampai akhirnya kita udahan(prememori)] Dia, satu-satunya orang yang bisa bikin gue nggak tidur semalaman hanya untuk chating sama dia. Dia, satu-satunya orang yang bisa ngobrol lama-lama ditelpon bareng gue. Dia emang sebentar singgah di idup gue, tapi yang sebentar itu meninggalakan kesan yang dalem banget. Ibarat sumur, sampai susah nemuin dasarnya. Dia, yang setelah putus masih punya itikad baik untuk tetap jaga silaturahmi, biasanya dia dulu yang SMS atau telpon, gue mah bisa nahan ekspresi kangen demi jaim. Dia, yang pernah bilang nggak mau mikirnin cewek selama 3 tahun ini. Selama ini gue enjoy, santai, dan mikir kalo jodoh nggak bakal lari kemana. Kalo dibilang selama ini gue masih belom punya pacar karena gue masih menantinya, maybe yes, maybe no... ^_^

>> Mbok Dhe ngasih saran : Temenku mbiyen yo ono sing ngono kuwi. Sing lanang ki adoh, sing wedhok jaim, padahal podo2 senenge. Tapi goro-goro lanang’e disenengi cewek liyo sing luwih agresif ning tempate kono, dan ngerasa nggak ada sinyal bagus seko cewek’e sing ning kene, akhir’e sing lanang milih kawin karo sing cewek agresif mau. Dadi saranku, yen kowe isih ngenteni kuwi yo ekspresikan. Yo rak ketang lewat sindiran-sindiran ngono.

[Mbok Dhe sempet penasaran kayak apa sih wajahnya Mr. F. Gue bilang sama Mbok Dhe kalo Mr. F itu mirip banget sama Mas A. Gue kaasih liat foto-foto Mr. F lewat FB nya, dan hasilnya Mbok Dhe kaget sambil nahan tawa....]

>> Mbok Dhe : lhaik, he’e ik, mirip tenan ik.. Sak rambut-rambut’e, sak pawakan’e,sak gaya-gayane, nganti ireng-ireng’e, podho ik... (sambil nunjuk samlah satu foto). Jangan-jangan sodaraan ki. Hahahahahahah,,,,,, wah, jangan-jangan selama ini sing mbok taksir mas A? hahahahahah.... Seleramu potongan security, Est? hahahaha... ranger ijo vs satria baja hitam (nama Mas A di FB itu satria baja hitam).. hahaahahahah....

[gue cuma cengar-cengir, membenarkan apa yang dibilang Mbak Dian, mereka memang mirip. Sampai tokoh film anak yang mereka suka juga hampir sama, yang satu ranger ijo, yang satu satria baja hitam. Gue puas, akhirnya gue nemu orang yang sependapat sama gue, bener-bener sependapat kalo meraka emang mirip!]

*****

Sejak putus gue berusaha untuk melepaskan semua beban masa lalu yang kadang masih sering mengganggu. Ingatan-ingatan tentang hal kecil tapi berkesan membuat aku ingat terus sama dia. Padahal kalo kata Broery ini adalah ‘rindu terlarang’! Udah hampir setahun gue nyoba, tetep aja susah. Weits, bukan ingatannya yang coba gue hapus, gue bukan pingin kena amnesia, gue cuma pingin ngelepasin beban yang dibawa ingatan-ingatan masa lalu itu. Gue berharap gue nggak tiba-tiba ngerasa kangen berat sama dia kalau gue inget sesuatu tentang dia. Gue nggak ingin gue melambung gara-gara mimpi gue yang ketinggian. Kemudian pas sadar dari mimpi gue dan menghadapi realita yang sesungguhnya, gue kayak orang yang jatoh dari ketinggian 1000m (tinggal lemes, kayak tak bertulang). Nantinya gue bakal sering ketemu Mas A dikantor. Tiap liat Mas A, kebayangnya Mr. F. Gue nggak tahu apakah ini akan membantu atau tambah mempersulit gue buat ngelepasin beban-beban masa lalu. Lets me try...

Tapi............ Gue masih mencoba menghubung-hubungkan semua ini dengan doaku. Antara doaku-SMS itu-Mr. F yang jauh-Mas A di kantor. Apakah ini semua jawaban doa-doaku? Apa dia orangnya??????

Kamar bawah nyaman, Rumah Patebon.

selesai ngetik plus review dan edit> 5 november 2011, 00:38 wik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.