Langsung ke konten utama

Penyakit mata pada kura-kura


PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun.

Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau
ramuan apapun. Cuma dengan ganti air secara teratur aja. Ciri-ciri penyakitnya seperti: mata yang kagak mau melek; matanya seperti ketutup selaput putih; dan gak mau gerak aktif kayak biasanya, cuma diem dipojokan. Habis ntu seperti keluar lendir dari tubuhnya, lendir ini yang bikin airnya cepet butek dan agak amis. udah gitu piyut juga gak mau makan. kasian banget kalo liatin.

sempet stres juga sih mikirinnya...

Banyak yang nyaranin buat pergi ke klinik hewan, tapi kalo diitung-itung,, mahal bener..!! akhirnya aku googling dan nemuin nama salep buat ngobatin tuh mata kura2..

Infeksi mata biasanya diberikan perawatan melalui obat tetes air mata Genoptic (gentamycin) atau obat mata terracortril. Infeksi ringan bisa di sembuhkan dengan salep mata Neomycin atau Chloramphenicol. Ketika melihat adanya pembengkakan parah pada alis mata biasanya ada infeksi bakteri, untuk kasus ini antiobiotik diperlukan. Beberapa masalah mata adalah akibat dari kekurangan vitamin A. Berikan vitamin A dan gunakan salep mata yang ringan. Apabila kondisi tidak membaik dalam waktu yang cukup singkat, segera dapatkan pertolongan dari dokter hewan


kalo kasus yang pertama sih udah ada rencana mau dibeliin salep. Tapi karena sibuk, acara beli salepnya kepending melulu. belom sempat beli salep,, eh si piyut udah sembuh duluan. Matanya udah melek dikit2, dan beberapa hari kemudian udah lahap lagi makanya.

kalo kasus yang kedua,,, piyut tak kasih daun sirih. hasil googling kemarin bilang kalo mata kura-kura yang kena infeksi bisa disembuhkan dengan pemberian salep antibiotik. nah,tau sendiri kan kalo daun sirih mengandung antibiotik. jadi dikolam piyut aku kasih deh daun sirih. jangan lupa diremes dulu sebelum dimasukin kolam. di kolam dengan diameter sekitar 80 cm dan ketinggian air 20cm, aku cuma masukin 5 embar daun sirih aja. dan hasilnya 2-3 hari udah terlihat. Piyut udah bisa melek walau masih ada selaput putih di ujung2 mata. dan herannya lagi, piyut doyan makan daun sirih. padahal baunya kan gak enak gitu.

moga aja beberapa hari kedepan piyut makin sehat,,
amin...

buat yang punya kasus mirip kayak gini, bisa dicoba lho...
semoga bermanfaat

Komentar

  1. Mau nanya dong, bagaimana caranya masukin air sirih ke kandang aquariumnya ?.. apa harus direbus terlebih dahulu atau langsung masukin ?.

    BalasHapus
  2. Kalo kasusku dulu daun sirih dicuci bersih, trus diremes bentar, trus dicemplungin di embernya.. nggak perlu direbus..

    BalasHapus
  3. ngasih daun sirihnya brapa lama ? hari ?

    BalasHapus
  4. 3 hari an.
    Alhamdulillah piyut masih sehat sampai sekarang, udah 6 tahun aku rawat.
    Semoga kura2mu cepet sembuh ya.

    BalasHapus
  5. Obat gentacimint,,,beli dmna,,,bntuk ny kya gmana,,,

    BalasHapus
  6. kak kura-kura ku gabisa makan karena matanya gamau melek, gimana caranya ya supaya dia gak kekurangan gizi nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gimana kabar kura2nya? sehat?
      maaf, blognya kelamaan ditinggal karena abis punya bayi.. :)

      Hapus
  7. kura" ku kasusnya mata bengkak gmana ngobatinnya mungkin ada saran....

    BalasHapus
  8. kura" ku kasusnya mata bengkak gmana ngobatinnya mungkin ada saran....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pake tips di atas..
      gimana kabar kura2nya sekarang? sehat?

      Hapus
  9. saya akan coba tips memakai daun sirih dimasukkan kedalam rendaman air
    kura" ku sudah sakit selama 4 hari,tidak mau makan dan matanya bengkak disertai bercak putih disekitar mata alis

    makasih info" nya...ttep share tips tentang kura" res ya :D

    ~Sen

    BalasHapus
    Balasan
    1. piyut sudah saya hibahkan ke komunitas Baret kendal waktu saya hamil. Karena saat hamil dia makin tidak terurus, saya takut nanti malah menyiksa. Kebetulan kenalan di komunitas Baret Kendal ada yang suka banget sama kura2, sampai punya kolam sendiri dihalaman rumahnya. ada lebih dari 10 ekor, pastinya kurang tau.. yah, dengan berat hati, saya serahkan ke beliau. Piyut pasti tambah seneng ketemu temen2 barunya.. :)

      Hapus
  10. Kak kura kura Ku tumbuh benjolan di leher bagaiman cara mengobatinya Dan ada bercak bercak di tempurung Dan matanya bengkak sebelah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kura kuraku pernah bengkak aku kasih betadine+doain biar sembuh(he..he..) ntar lama2 daging yg busuk bisa kering trus rontok, tp selama pengobatan jangan taruh air kecuali pas makan aja...

      Hapus
  11. ak punya 7 kura2, klo mata bengkak dicampur dalam kolam kira2 nular apa ga ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayanya nular, kemaren googling juga, katanyanya sih, klo kura kura sakit sebaiknya di pisah dulu sementara biar ga nular

      Hapus
  12. Dimana bisa beli kura2 harga grosir

    BalasHapus
  13. Aku kura2nya matanya benkak gitu juga. Bisa pake daun sirih berapa lama ya biar dia sembuhin. Siapapun toloong ya plis

    BalasHapus
  14. Kura2 saya matanya timbul selaput, kira2 gimana ya penangannya biar sembuh

    BalasHapus
  15. Kura kura saya sakit mata nya gak bisa kebuka dan gak mau makan solusinya apa ya kak

    BalasHapus
  16. Kura Kura Sya Yang Sayunya Matanya Bangun Yang Satunya Nggak

    BalasHapus
  17. Kak kalo dikasih obat mata insto boleh nggak ya?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.