Langsung ke konten utama

kuliah manajemen kualitas 4#

Manajemen merupakan proses atau kegiatan mengatur dan memberdayakan semua sumber daya yang kita punya untuk mendapatkan hasil yang sesuai target dengan seefektif dan seefisien mungkin. Sumber daya yang dimiliki terdiri dari 5M : man, money, machine, material, and methode.
Dari ke 5 sumber daya yang kita miliki itu, MAN (human/manusia) merupakan sumber daya yang susah dikelola dan sulit diprediksikan. Berbeda dengan 4 sumber daya lainnya yang merupakan benda mati yang nggak bakal protes, manusia merupakan makhluk hidup yang punya keinginan dan pemikiran tersendiri.
Manusia merupakan asset paling krusial dalam suatu manajemen. Sebagian besar pelaksanaan suatu sistem manajemen dapat berhasil saat manusia yang terlibat didalamnya mendukung jalannya sistem tersebut. Lalu bagaimana menciptakan iklim yang baik bagi manusia sehingga person-person yang terlibat dalam sebuah sistem mendukung sepenuhnya komitmen, visi dan misi suatu manajemen/perusahaan???
Caranya dengan menanamkam dengan baik komitmen, visi dan misi perusahaan. Dulu pak Taufik (Dosen Manajemen Sistem Informasi) pernah cerita,
Ketika itu NASA sedang getol-getolnya untuk merealisasikan proyek ‘manusia bisa mendarat di bulan’. Suatu ketika Presiden AS bertanya sama tukang sapu di kantor NASA ‘untuk apa kamu disini?’. Dan si tukang sapu (yang tugasnya hanya menyapu) itu menjawab dengan bangga ‘saya disini untuk proyek peluncuran manusia ke bulan’.


Bisa dibayangkan, sampai tukang sapu pun yang bisa dibilang merupakan level terbawah dari manajemen aja bilang kayak gitu. Begitu kuatnya komitmen dari manajemen atas yang terintegrasi sampai ke bawah, sehingga person-person yang berada di level manajemen bawah tersebut juga merasa memiliki dan ikut berperan dalam proyek tersebut. Dan akibat komitmen yang kuat inilah proyek ini dapat berhasil. Coba aja kalo sebagian kecil dari karyawan tidak memiliki komitmen, visi dan misi yang sama dengan manajemen atas, hmm,, bisa aja proyek nggak berjalan, atau ekstrimnya malah bisa terjadi pemberontakan. Kayak kisah Soekarno dan Soeharto (presiden RI 1 dan 2 ini).. heheheh...
So,,, bagi kalian para pemimpin,, binalah komunikasi yang baik terhadap bawahan-bawahan anda. Salurkan komitmen anda yang kuat sehingga pegawai atau bawahan anda dapat merasakan apa yang anda rasakan. Hal ini baik untuk kekompakan dalam suatu pencapaian target tertentu...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.