Langsung ke konten utama

JIWA INDONESIA DI JEPANG

5 Desember 2010.
21.15 WIK
Huwa,,, ternyata udah bulan desember, akhir tahun 2010. Oh God,, cepet banget rasanya... Bulan terakhir, tinggal sedikit waktu yang tersisa buat bikin kenangan dan moment paling indah di tahun 2010... Mesti planning sesuatu yang heboh, dasyat, membanggakan, amaaaziiiing (kata Tukul),,, heheheheh....
whatever lah,, tapi kita pending dulu ngomongin planning acara akhir tahun,,,
Sekarang aku mau cerita soal Jepang lagi... (tetep pingin liburan Jepang)..
Tadi aku lihat acara di TV One, salah satu TV swasta yang isinya berita dan edukasi dari subuh sampai sampe mau tidur (heheheh). Jam 7 malem senin ini ada acara “bukan jalan-jalan biasa”. Salah satu program yang intinya jalan-jalan buat nyari sesuatu yang inspiratif dan berbau Indonesia di luar negeri. Nah hari ini liputannya ke Jepang. Membahas “Orang Jepang” yang “ke-Indonesia-Indonesia-an”.


Gimana enggak,,, liputannya membahas orang asli Jepang yang bikin OM alias Orkes Melayu, namanya OM Hati 93 (OM hati misu). Dan Orkes Melayu itu nyanyiin lagu-lagu dangdut khas Indonesia kayak “kopi dangdut, goyang dombreeet ,mabuk janda, lagu-lagu khas Suroboyonan, dll”... hahahah,,, padahal disini banyak anak-anak muda yang sok jaim dan bilang ‘aku nggak suka jenis musik dangdut, musik kampungan, alay banget dengernya...’ hahaha... Gak lucu banget kan,, orang asing bersusah payah buat belajar kebudayaan kita, tapi kitanya sendiri malah nggak menghargai gitu... Aku jadi pingin kampaye “ SELAMATKAN BUMI DAN HARGAI KEBUDAYAAN BANGSA, DANGDUT BUKAN MUSIK BANCI, DANGDUT BUKAN MUSIK KAMPUNGAN, DANGDUT ITU MUSIK INDONESIA, MERDEKA!!”. Hmmm, tapi lega rasanya,,,, setidaknya besok kalo aku ke Jepang dan kangen denger musik dangdut, aku tetep bisa temu kangen dan joget bareng OM hati 93. Aku bakal jadi fans berat OM Hati 93!!! Hahahaha.... (emang kapan lu sampe Jepang.. hhmm,, Ngimpi est!!)...

Satu lagi liputan yang asyik dan inspiratif banget,, yaitu orang dari Indonesia asal Jogja, yang namanya pak RUSTONO, lebih dikenal dengan RUSTONO TEMPEH, yang sukses jadi pengusaha TEMPE di Jepang... HMmmm,,, so simple but so deep... Kalo di Indonesia mungkin tempe merupakan makanan masyarakat menengah ke bawah dan diremehkan. Bahkan sampai ada istilah “ utek-utek tempe” yang yang artinya ngtain orang yang guooobloookg banget. hehehheh... Tapi disana Tempe bisa laku dan si pengusaha itu omsetnya juga menggiurkan... Aku jadi inget dosen mata kuliah Ekonomi dan bisnis energi listrik, Bapak Supari yang sempat belajar di Jepang, beliau bilang “orang-orang jepang itu berpikir yang kecil, simple, detail, tapi dari yang kecil itu mendalam. Dan dari yang sederhana itu mereka menciptakan peluang usaha yang bagus. Beda kalo orang Indonesia, pikirane kebanyakan muluk-muluk”. Jadi berangan-angan, misalkan orang Jepang pada suka pedes, aku bakal bikin restoran tahu gimbal sama tempe penyet, dan restorannya dikasih judul “SERBA PEYET MBAK TI KHAS INDONESIA (tempe penyet, ayam penyet, telur penyet, lele penyet, dll)” hahahah,,, mirip ma warung makan yang didepan kampus,,,
Abis liat tayangan itu jadi bergairah lagi buat nabung dan belajar yang pinter biar bisa dapet beasiswa sampai Jepang sono... Huwa,, mupeng banget aku...
kira-kira ada nggak ya yang mau ngajakin aku kesana,,,???
JJJ

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.