Langsung ke konten utama

Balada Karnivora Yang Nggak Bisa Berburu


14 Des 2010 18:45 wik
Piyut udah dirawat sama keluarga kami sejak umurnya kira-kira baru satu bulan. Sebagai hewan peliharaan kami yang paling awet, dia selalu dapat yang terbaik dari kami sebagai wujud kasih sayang kami.
Hingga sekarang usianya kira-kira 4 tahun, dia masih jadi hewan peliharaan kami yang paling bandel dan jarang sakit.
Awalnya piyut tinggal di kotak aquarium ukuran 40x40x40 cm,, tapi makin hari badannya makin gendut kayak aku. Sekarang piyut udah punya rumah sendiri yang dibikin dari ember ukuran diameter 1 meter. Aku rasa dia cukup leluasa untuk bergerak dirumahnya yang baru itu.
Sejak kecil Piyut dikasih makan pelet (makanan jadi) khusus kura-kura. Dia nggak pernah bosen makan “makanan jadi” kayak gitu. Pernah sekali dicoba diberi makan kates (pepaya) mengkal dan selada air, sesuai dengan saran penjual kura-kura di Pasar Gede. Tapi Piyut nggak mau. Dia lebih suka cicipin daun suruh (sirih) daripada selada air.
Belakangan ini selera makannya bergeser. Dia lebih suka udang, ikan, bahkan daging ayam. Awalnya ini, disuatu malam Cahyo udah curiga sih, pasti ada yang nggak beres sama Piyut, soalnya nggak biasanya piyut berisik banget. Tapi cahyo cuek aja, dia nggak ngecek kolamnya Piyut soalnya udah malem juga sih. Nah, paginya pas mau ngasih pelet lele buat makan Piyut, cahyo kaget. Ada sisa bangkai tikus yang udah sedikit hancur. Badalah,, Piyut semalam makan tikus!!! Mulai dari sinilah, sekarang dia jadi karnivora. Saat ini tiap 2 hari sekali piyut dapet daging, walau cuma sejari jempol doang.
Sore ini iseng-iseng Piyut aku kasih ikan yang masih hidup (iwak sepat, baru aja nangkep pas banjir-banjiran didepan rumah tadi). Biasanya kan dia dapat ikan yang udah mati, yang langsung ‘Lhep’. Aku pingin tahu gimana reaksinya kalo dia punya temen ikan. Kira-kira dimakan atau enggak ya....
Yang terjadi sangat tragis. Piyut mati-matian ngejar tuh ikan (walaupun geraknya lamban banget), dan si ikan belaga santai-santai aja dideket pemangsanya. Beberapa kali Piyut mencoba nangkep tuh ikan, tapi lepas lagi. Ada yang aneh dari Piyut, insting berburunya nggak bekerja. Seharusnya dia bisa dengan gampang makan tuh ikan. Tapi setiap kali udah dekat, dia enggak berani njulurin kepalanya dan langsung nyaplok seperti waktu dia dikasih ikan mati. Dia kurang galak, kurang cekatan, nggak berani dan males untuk ukuran kura-kura sejenisnya.
Apa ini efeknya kalo dia dipelihara? Dia jadi kehilangan naluri alamiahnya. Gimana ntar kalo dia dilepas dan dikembalikan ke habitatnya? Apa dia bisa berburu dan cari makan sendiri? Pas dikasih ikan idup di kolam diameter 1 meter aja dia nggak bisa, apa lagi ntar kalo dilepas di kali? Masih bisakah dia hidup dan bertahan di dunia yang liar? Kasihan piyut,,,,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.