Langsung ke konten utama

Sholat Idul Adha

Dari semalem takbir terus menggema. Takmir mesjidnya dipaksa siaran sampai subuh tuh, hehehe. Paginya mama udah ribut, ‘ayo, cepetan rumahnya diberesin, ntar sholat id nya jam 6 lho, gasik,,’ sambil nyuruh kami beresin tempat tidur, nyapu dll.. Huft,, cuma sholat sunnah 2 rokaat aja hebohnya gak karuan lebih dari sholat magrib atau subuh jamaah,, hmmm, heran deh.
Aku sempetin buat sholat sunnah idul adha di mesjid dekat rumah biar bisa ngerasain feel yang lain dari pada biasanya. Kali aja dengan sholat di masjid aku bisa makin khusuk, aku bisa lebih dekat sama Allah.

Aku berangkat 5 menit sebelum sholat dimulai, itupun nggak mandi. Gara-garanya pagi tadi masih ribet dan harus ngantre rebutan kamar mandi.. So, aku ke masjid kagak mandi dulu. Biasanya juga gitu kan kalo lagi sholat subuh, cukup cuci muka, wudhu, trus langsung berangkat ke masjid. Sempet heran juga aku, kenapa sih orang2 kalo sholat ied pada necis2, cantik2, dandan ayu, pake parfum wangi. Pada mau kondangan kali ye,, Atau pada mau pamer make-up. hahahaha... Klise..! Padahal biasanya sholat juga cuman pake kaos. Aku kalo ke masjid juga cuman pake celana batik harian sama kaos doang, kayak yang aku pake tadi pas sholat idul adha. Gak ada persiapan khusus buat sholat id kali ini. Pas aku tanya ke mamah (maklum, mamah juga termasuk salah satu yang heboh sholat id) ‘kenapa sih mesti dandan lebih buat sholat?’. Mamah bilang “ ini khan cuman setahun sekali, wajar dong kalo lebih spesial, sama kayak pas lebaran gitu”. Hah,,, Kalo buat aku sih semuanya biasa aja, gak ada yang spesial. Heran aku, kalo sholat wajib aja kagak pada ke mesjid, nah ini cuma sholat sunnah kenapa masjid tiba-tiba jadi penuh. OMG,,, mereka pada mikir gak ya sampai situ..?
Satu lagi yang pagi ini bikin illfeel selain dandanan menor dari beberapa orang tadi, yaitu ibu-ibu yang bawa anak balitanya ke masjid. Udah gitu pas tengah-tengah sholat anaknya nangis keras dan rewel nggak cetho gitu. Huwaa,,, pingin aku marahin tuh ibu. Mikir nggak sih masjid tuh tempat untuk ibadah. Bunyiin klakson aja nggak boleh, eh ini malah nangis keras banget. Aku jadi nggak khusuk sholatnya. Buat apa coba ngajak anak kecil balita gitu ke masjid. Udah gitu, si ibu tadi jadi nggak bisa sholat dan cuma duduk diatas sajadah sambil ngelus2 si balita biar cepet diem. Rugi tuh!! Sekarang kita data, jadi kalo bawa balita ke masjid pas sholat id atau tarawih itu (1) repot kalo rewel, (2) dibatin sama orang, (3) jadi gak bisa sholat khusuk, malah bisa2 dia gak jadi sholat, kayak kasus ibu-ibu tadi.
So, kenapa sih nggak dirumah aja , jangan dibawa ke masjid pas moment2 gini. HIIIHHH... gedek aku...Toh ini cuma sholat sunnah kan. Kecuali ini sholat wajib yang harus dilaksanakan di masjid berjamaah..
Semoga pembaca yang budiman nggak ada deh yang sering bawa anak balita yang masih suka rewel ke masjid. Kalo emang pingin diajarin sholat jamaah di masjid, pliss,,, dari rumah harus udah diberi pemahaman kalo di masjid gak boleh rame... hhmmmbt...
est \
17 Nov 2010
12:08 WIK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.