Langsung ke konten utama

Mari Berhitung...

Huwa,,, seger banget rasanya habis ngerjain soal itung-itungan. Bayangin aja, selama kuliah S2 ini kebanyakan pemahaman teori terus, kuliah yang banyak hitung-hitungannya cuman Kendali dan Kontrol, Statistik Teknik dan mata kuliah yang tugasnya baru aja selesai ku buat, Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek Rekayasa.
Aku seneng sekarang dapat tugas analisa yang pake hitung-hitungan. Udah lama gak pegang kalkulator, rasanya kangen banget mencet-mencet tuh benda (hehehe,, padahal kalkulator juga boleh minjem sama cahyo,,). Rasanya otak fresh lagi, blas nggak kerasa pusing atau mata lelah pas ngerjain tugas tadi. Beda banget sama pas ngerjain tuugas manajemen yang kebanyakan baca teori-teori melulu, bawaannya bakal ngantuk melulu kalo kebanyakan baca. Apalagi kalo materi yang tak baca adalah materi yang emang nggak aku suka atau emang aku lagi enggak mood baca materi, pasti ntar endingnya bakal pusing dan pedes matanya.

Aku akui aku lebih seneng sama soal-soal matematis. Soal dalam bentuk yang matematis akan mudah dipecahkan karena alur perhitungannya sudah bisa ditebak. Nggak seperti teori sosial yang punya banyak influent yang harus diperhatikan sebelum memutuskan solusi dari sebuah masalah, susah diprediksi karena begitu banyak hal lain yang mempengaruhi keputusan akhirnya...
Tugas mata kuliah Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek Rekayasa kali ini adalah menghitung penjadwalan proyek pake metode ‘jalur kritis (Critical Path Method)’ dan metode ‘diagram preseden (Precedence Diagram Method)’. Hitungannya cuman sederhana sih, cuma ditambah, dikurang, dibagi, dan dikali, menthok-menthok pake kuadrat dan akar sedikit.. hehehehe... Cuman disuruh menghitung waktu yang dibutuhkuan buat menyelesaikan suatu proyek. Tapi lumayan lah,,, ribet juga urutan langkah perhitungannya.
Aku sih berharap bisa dapet tugas itung-itungan terus dari setiap mata kuliah. SWEAR,,, aku bosen kalo cuman dikasih teori doang...! Aku suka soal logika pasti, bikin otak ku encer lagi soalnya. Yup, setelah sekian lama otakku ini cuman nganggur, nggak pernah diasah lagi.... Pasti kalian tanya “lho, katanya kuliah S2 lagi,,, kok bilang otaknya nggak diasah???”... Yaiyalah, secara kalo ada tugas disuruh ngumpulin makalah, aku cuman copas aja dari makalah-makalah yang udah ada. Atau kalo enggak, beberapa makalah yang satu topik aku rangkum jadi satu. hmm,, beres kan?!. hahahaha... Maka dari itu, aku suka soal hitungan. Karena aku nggak bakal nyontek, dan bakal bikin sendiri. Soal matematis itu kayak sebuah misteri yang merayuku dengan segala tipu muslihat dan sensasi keasyikan yang dijanjikan, mengajak dan memintaku untuk menemukan solusinya, dan yang parahnya lagi, soal matematis memaksaku dan membuat aku tidak bisa menolak permintaannya itu.. hmmm,,,,
OverAll ,,,,, Mari Berhitung Lagi Guys!!!
est \
Kendal, 16 Nov 2010
Kamar atas, 19:24 wik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.