Langsung ke konten utama

Saint Saiya

Masih inget jaman TK samapi SD dulu, paling suka liat saint saiya, anime karya Masami Kurumada, diproduksi Toei Animation. Pertama kali diputer di Indonesia tahun 1987-1990 di TVRI Jogjakarta, TVRI Pusat (1988-1991). Tapi kalo aku mulai nonton dan mengikuti serialnya pas diputer di RCTI tahun 1991(umur 4thn). Dulu aku suka banget. Rasanya sedih kalo sampai gak nonton satu episode aja. Dulu diputer sore mau magrib gitu, jadi sholat magribnya nunngu kelar dulu. Pernah tayang ulang juga di Indosiar. Tapi seiring dengan pertumbuhan dan bertambahnya usia, minat untuk liat film serial animasi makin kurang.
Soalnya sering terbentur sama urusan yang lain yang lebih penting (Perintah babe : "Habis magrib, TV mati,, Belajar!!!"). Dulu sih cuma ngikuti aja ceritanya, gak kepikiran tau lebih lanjut sampai kedetail2. Tapi setelah udah gede, jadi pingin tau sebenernya gimana sih Saint Saiya itu. Apalagi masalah jubah2nya,, wow,, ternyata macem2 lho...

Sambil merefresh ingatan jaman bayi aku nyoba browsing2 di Web2 tetangga...
Dan ini hasilnya...

>> Serial ini bercerita tentang perjuangan 5 Kesatria Perunggu yang dikomandoni Pegasus Seiya untuk melindungi Athena (Dewi Kebijaksanaan) dan untuk mendapatkan Jubah Emas yang digunakan untuk menambah kekuatan bagi pemakainya. Musuh utama Kesatria Perunggu ini adalah Ares (Dewa Perang) yang berhasil mengajak para Kesatria Jubah Emas Lainnya untuk memusuhi Athena. Modus Ares memusuhi Athena ya otomatis karena Ares itu Dewa perang yang doyan Perang, sedangkan Athena Dewi Kebijakan yang gak suka perang. Sepertinya tokoh Ares emang diciptain buat jadi penjahat di serial ini. hehhhee...
5 pendekar perunggu ini diberi julukan Saint dan memiliki kekuatan berdasarkan pelindung tubuh (armor) yang disebut 'cloth' dari konstalasi masing-masing pemiliknya. Masing-masing juga punya 'cosmo' sebagai kekuatan khususnya. Dewi Athena berreinkarnasi menjadi Saori Kido (Saori disini bukan nama bumbu penyedap makanan lho.. hehehe). Awalnya dia tinggal di Sanctuary. Tapi karena ada salah satu Saint (gemini) yang bisa dihasut oleh Ares sehingga dia jadi memusuhi dan ingin membunuh Saori bayi, maka Saint Sagitarius nitipin Saori ke seorang konlomerat. Timbulah berbagai kekacauan pas Saori gak di Sanctuary. Nah, pas Saori udah gede, dia ngumpulin lagi para Saint buat bantuin dia ngelawan Ares. Mereka lalu pergi ke Sanctuary lagi untuk menggulingkan kekuasaan Saint Gemini yang menjelma menjadi Pope/Paus, setelah membunuh Pope yang asli.

>> Tokoh Utama

> Seiya (Pegasus Seiya) : tokoh ini paling sering munculnya, maklum tokoh utama... Dia adalah Saint yang paling setia melindungi Athena. Komando dari Saint yang lain juga. Kerena tokoh utama, Seiya pasti diprioritasin dan jurus-jurusnya juga banyak. Cloth nya dari konstelasi Pegasus. Jurusnya antara lain : Tinju Meteor Pegasus (pukulan bertubi-tubi yang cepetnya melebihi kecepatan suara, bahkan disalah satu episode mencapai kecepatan cahaya,, busyet dah!), Tinju Komet Pegasus (seluruh kekuatan dari Tinju Meteor dijadiin satu pukulan dahsyat,, wew,,), Pegasus Rolling Crush ( mencengkram tubuh lawan, trus terbang, abis itu bantingin diri beserta lawannya dengan kepala dibawah,, banyak scene bantingan ini yang wah banget, bikin imajimasi bener2 terpukau).

> Shiryu ( Dragon Shiryu) : ini Saint perunggu paling cakep versiku.. (^_^)v... Cloth nya dari Naga, warnanya biru ada kinclong-kinclongnya, bikin dia makin cakep buatku. Kesan misterius bikin aku suka sama Saint ini. Dulu sebelum dia ikut Turnamen Saint Perunggu, dia orangnya cool dan agak sombong sih, tapi abis turnamen dia jadi Saint yang bijaksana banget. Jurus pamungkasnya antara lain : Tinju Naga Mendaki Gunung, Tinju Seratus Naga Mendaki Gunung (otomatis lebuh hebat daripaba yang tinju naga mendaki gunung), Tinju Naga Mendaki Langit (mirip kayak Pegasus Rolling Crush). Kalo udah kepepet dia bisa ngeluarin seluruh kekuatanya dan membunuh musuhnya sekaligus dirinya sendiri. Scene yang ada Shiryunya juga gak kalah keren sama Saiya. Apalagi pas Shiryu rela ngasih darahnya untuk Saiya biar clothnya Saiya bisa berfungsi lagi (lupa, episode berapa, kalo gak salah pas lawan cancer...).

> Hyoga (Cygnus Hyoga) : Saint ini pake baju angsa. Mahkotanya juga Angsa. Jadi Girly banget ya,, tapi dia tetep aja kuat. Jurusnya antara lain : Debu-debi Intan (kinclong2 bok!!), Aurora Thunder Attack (bagus banget nie kalo lagi serangan, efeknya bikin kita berimajinasi), Aurora Execution yang bisa membekukan musuh. Pas lawan scorpio dan pas dibekukan sama aqurius scene yang ajipp banget...

> Andromeda Shun : Saint ini paling 'rekoso' hidupnya. Dia adeknya Ikki. Shun satu-satunya Saint yang memakai senjata (Rantai Andromeda). Clothnya dari Andromeda yang dirantai. Jurus andalannya antara lain Ranti Nebula, Rantai pertahanan, Thunder Wave, Aliran Nebula, Badai Nebula. Menurutku dia itu Saint paling kuat, tapi karena hatinya lembut jadi kelihatan lemah. Dia juga sering bantuin kakaknya kalo kakaknya terdesak.

> Phoenix Ikki : Ikki adalah orang yang pemarah, sombong dan suka bertarung, diyakini bahwa dia merupakan Saint perunggu yang paling terkuat. Awalnya dia sangat murka karena dikirim ke Pulau Kematian oleh Athena. Tapi dia akhirnya malah membantu Athena dan menjadi Saint perunggu paling bisa diandalkan. Dia mempunyai keistimewaan yaitu dapat kembali dari manapun, di dimensi apapun. Selain itu clothnya memiliki kemampuan untuk pulih kembali (regenerasi) setelah hancur. Dia biasanya melawan musuh-musuh yang tidak bisa dikalahkan oleh Saint perunggu lainnya. Cloth nya dari Phoenix. Jurus andalannya antara lain : Tinju Sayap Phoenix, Tinju Ilusi. Sweeerrr,,, tinju ilusinya keren abis...

> Saori atau Athena : Inilah orang yang dilindungi oleh 5 kesatriya perunggu tadi. Cewek yang menurutku anggun banget, selalu bijaksana dan penuh kasih sayang. Bikin cowok klepek2 lah... Apalagi scene-scene nya dibuat apik, anggung, dengan costum simple yang tetep berkesan mewah, rambut panjang yang terurai, tongkatnya juga bagus, pas nangis aja cantik apa lagi pas ketawa... Aku banget deh,, (huwahahahah,,,,)

> Aries Shion Aries adalah Pope of Sanctuary yang sebenarnya. Ia juga adalah seorang mantan Saint emas Aries, dan juga guru dari Mu. Ia adalah teman dekat Libra Dohko, dan menjadi satu-satunya Saint (selain Libra Dohko) yang selamat dari Perang Suci 243 tahun sebelumnya.

> Gemini Kanon adalah adik kembar dari Saga, Saint emas sebelumnya. Ia awalnya adalah seorang jenderal Marina dan juga seorang pengawal Poseidon. Tokoh jahat yang akhirnya tobat setelah ia disadarkan oleh Seiya dkk., ia beralih menjadi seorang Saint emas Gemini...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.