Langsung ke konten utama

Gigi Mama (hanya sebuah catatan pribadi)

Inilah kejadian paling menggemparkan di keluargaku akhir bulan ini, dan mungkin akan menjadi kejadian paling menggemparkan selama tahun 2011 ini. Bukan,,, bukan,,, bukan karena aku dilamar orang. Bukan juga karena aku udah dapat kerja (hampir, doakan saja awal Juli nanti ada berita baik). Tapi.... Kegemparan ini terjadi karena MAMA HARUS CABUT GIGI!!!! hehehehe..

Bagi beberapa orang mungkin ini sesuatu yang nggak penting, BANGET!!! Tapi menurutku ini adalah kejadian yang menghebohkan.

Mama punya sturktur gigi yang kuat, ukuran giginya juga paling gede dibanding ukuran giginya bapak, aku maupun cahyo. Giginya mama tersusun rapi, putih, dan gak berlobang. Beda sama giginya bapak yang udah item gara-gara ngerokok, atau gigiku yang banyak lobangnya, atau gigi si Cahyo yang susunannya nggak rapi, gingsul di depan, dan gigi depannya cuma separo gara-gara patah pas kecelakaan di Sragen.

begini kronologinya...
Suatu sore, ada tetangga yang ngaasih bancaan nasi kluban. Kebeneran banget, pas itu tinggal mama yang belom makan siang. Nah, dibukalah itu bancakaan dan langsung dilahap. Saking lahapnya, pas makan tuh nasi yang ternyata ada batu kerikil didalamnya ikut ke kunyah. Terjadilah pertempuran sengit antara kerikil tadi dan gigi geraham mama. Dan akhirnya, 'thuuk'.. Sambil meringis mama ngelepehin makanannya. Akhirnya dia tersadar kalo giginya yang kokoh itu retak... Oh,, No..!!! Pasti sakiiit... Mama nggak nerusin makannya, padahal aku tahu dia lagi lapar banget,, buanggeeettt... hahahaa....

Mama cuma ngelus-ngelus pipinya sambil meringis kesakitan sampai bapak pulang dari kantor. Baru aja bapak pulang, belom sempat ganti baju, mama uda ngadu kalo giginya sakit. Bapak yang nggak percaya malah ngeledekin mama, 'untu jaran ngono kok iso loro i piye?' hahahaha. Tapi setelah dipastikan sendiri kalo gigi mama retak, Bapak mulai mikir kalo ini adalah hal yang serius. Harus segera ditangani. Dan sore itu mama langsung priksa gigi ke Cepiring sama Bapak (aku nggak tau nama dokter giginya).

Pulang-pulang mama tetep aja meringis. Gigi ke 4 kanan atas mama resmi retak. Dokternya nyaranin untuk rontgen, kalo retaknya sampai akar gigi maka gigi harus dicabut semuanya, tapi kalo retaknya nggak sampe akar gigi, cuma bagian yang retak yang diambil dan sisanya dirawat aja, nggak perlu dicabut.
****

Paginya kau nganterin mama ke RSUD buat periksa. Mulai dari administrasi, periksa, rontgen, periksa lagi... Seperti biasa, aku cuma nunggu diruang tunggu, nggak berani masuk ke ruang periksa. Aku pusing kalo liat darah, apalagi aku liat ngebornya pas nggak sengaja pintu ruang periksa terbuka. Hah, lemes aku.. Yang bikin pusing lagi pas aku tahu ternyata operasi cabut giginya nggak cuma sekali. Lusa kita harus balik lagi ke rumah sakit untuk nyabut akarnya. Kata mama, tadi pas tengah2 operasi blooding, jadi nggak bisa diterusin buat nyabut akar. Lusa harus balik lagi kesini untuk nyabut akar.

Okey, hari ini kita pulang, dan lanjut operasi besok lusa.
Sampai dirumah bapak ngetawai mama terus, giginya yang ompong bikin geli pas ngeliatnya. hahahahah... 'tetep ayu kok mah, walaupun ompong' entah ini merayu atau menyindir,, buahahah,,,,
***

Operasi cabut gigi yang kedua lebih lama dari pada yang pertama. Aku yang nunggu di luar ikut tegang pas denger mesin bor berdesing berkali-kali. Wew... Dan akhirnya mama keluar dari ruang periksa sambil setengah pucet gitu. Selama 5 jam bibir mama belom bisa digerakin, mungkin dosis anestesinya bener-bener kuat. Tapi Alhamdulillah, proses cabut giginya sudah berakhir.. ^_^.

Operasi cabut gigi yang terakhir ini meninggalkan bau mulut tak sedap selama 4 hari. Bau mulut yang mirip obat rumah sakit ini bikin aku mual pas ngobrol berhadapan sama mama. Sepertinya obat bius untuk anestesi masih tersisa di mulut mama,, huek,,, hehehhee.
***

Ibarat kapal, dia titanic yang besar, kokoh, kuat, tahan banting, dan diprediksi nggak akan tenggelam oleh pembuatnya,,,,
yang akhirnya harus tetap tenggelam karena menabrak karang.. Tragis sekali kisah mu, gigi...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.