Langsung ke konten utama

energi dan materi

" DI DUNIA PADA DASARNYA HANYA TERDIRI DARI ENERGI DAN MATERI "

Hal itu yang dikatakan Pak Gunawan, ST, MT; dosen mata kuliah Energi & Lingkungan pada perkuliahan sore itu. Awalnya aku agak bingung dengan pernyataanya, tapi setelah ditelaah saya akhirnya bisa paham juga...

Selama ini yang kita lakukan hanya bagaimana mengubah energi menjadi materi, dan mengubah materi menjadi energi.


1. Mengubah energi menjadi materi : kalian pikir untuk apa kalian bekerja keras, untuk dapat uang yang pada dasarnaya adalah 'materi' kan? kita banyak menggunakan energi pada proses produksi. Bayangkan sudah berapa joule yang kita habiskan.
2. Mengubah materi menjadi energi : nah, kalo yang satu ini adalah materi wajib kuliah S2 ku. Inget konversi energi menjadi energi listrik. Kita bakar banyak sekali batubara dan minyak bumi yang berupa 'materi' menjadi energi listrik yang useable. Artinya mengubah materi menjadi energi. Contoh lain lagi,, buat apa coba kita makan kalo gak buat tambah energi..

Energi dan materi,, 2 hal berbeda yang selalu berkaitan...

Jadi inget hukum kekekalan energi juga nie,,
"Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan"
Nah, kalo emang energi tidak dapat dimusnahkan,, lalu apa yang di khawatirkan soal krisis energi???

energi hanya berubah bentuk menjadi bentuk energi lain yang belum bisa kita manfaatkan, makanya terkesan bahwa energi yang tidak bisa dimanfaatkan itu 'hilang'. Padahal energi tidak bisa dimusnahkan. Contoh,, dari motor kita yang sumber energinya dari bensin (kimiawi) dikonversi menjadi energi gerak, energi panas dan energi bunyi. Dari tiga energi itu hanya energi gerak yang bisa dimanfaatkan (itu pun kadang tidak begitu optimal). Energi panas (knalpot dan mesin) dan energi bunyi belum bisa dimanfaatkan.


Ya iya dong kita khawatir,, soalnya belum semua orang bisa menyelamatkan dan manfaatin energi yang ' hilang ' tadi..! Coba kalo kita bisa manfaatin semua energi yang 'hilang' tersebut. Pasti kita gak akan khawatir karena energi yang kita punya gak akan nambah dan gak akan kurang.
Materi yang diubah menjadi bentuk energi akan segera habis, sedangkan kita masih belum bisa memanfaatkan energi secara optimal. Inilah yang kita khawatirkan. ketersediaan materi yang bisa dimanfaatkan pun di alam terbatas. Belum semua materi yang ada bisa dimanfaatkan manusia untuk kesejahteraanya.
Dengan segala keterbatasan manusia yang belum bisa memanfaatkan secara optimal ini,, maka kita sebaiknya bijak dalam menggunakan materi dan energi.

Yang gak kalah penting adalah keseimbangan antara energi dan materi harus senantiasa dijaga. Hal ini akan berpengaruh pada keseimabangan alam. Daya dukung alam akan berkurang, dan ini bisa jadi sebuah musibah besar bagi manusia dan semua yang hidup didalamnya...

Intinya:::: ENERGI DAN MATERI ITU BERKAITAN::::

Komentar

  1. Terimakasih atas jawabannya, mudah dipahami & sangat membantu😃

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.