Langsung ke konten utama

Nyasar..?

@ : kuliah ya? ambil jurusan apa?
est : teknik elektro gan. ambil arus kuat.
@ : anak cewek masuk elektro? ambil arus kuat? hebat dong... kenapa ambil elektro? kan cewek. Emang seneng ya sama listrik-listrik gitu?
est : enggak,,, Nyasar kok gan.. J
@ : kok nyasar???
est : J dulu pas daftar kagak bawa peta gan..
@ : serius dong..
est : emang iya kok gan. nggak mungkin kan kalo saya jawab ‘mau cari jodoh cowok teknik gan. pan di teknik cowoknya banyak tuh, ganteng2 dan pinter’,, lha wong buktinya 4 tahun di teknik ane tetep aja jomblo.. J
paling mentok ane cuma bisa jawab ‘ane masuk elektro biar bisa nyetrum hati para lelaki’ hahaha.. Agan berminat ane sertrum???
@ : #$%^&*()_+???
est : ‘[sing]’ aku tersesat ke teknik elektro... beri aku jalan yang indah,,ahh,,ahh,, #ngerubahlirik seenaknya.


****

Setiap orang yang nanya kenapa aku masuk teknik elektro pasti aku jawab dengan satu kata “nyasar.. J”. Reaksi berlebihan selalu muncul setelah itu. Kebanyakan mereka kena sindrom bingung yang ditandai dengan kerutan didahi, memicingkan sebelah mata, tersenyum sinis, lalu nanya lagi “kok nyasar??” seolah tidak puas dengan jawaban yang aku beriin tadi. Hehehe. Aku sendiri sebenernya nggak tau motivasi awal apa yang bikin aku mau masuk ke teknik elektro.
Pas kelas 3 SMA pikiranku selalu bercabang. Aku nggak bisa fokus ke satu tujuan. Banyak pilihan yang potensial yang pingin aku capai. Yah, kedokteran (walaupun tahu kalo ada ujian bedah mayatnya dan itu mengerikan!!), farmasi (walau nilai kimia pas-pasan), bidan (walaupun mual trus semaput kalo liat darah), pertanian (secara Babe pertanian). Saking banyaknya, aku jadi nge-blank. Makin nggak punya tujuan yang bener-bener jelas. Bahkan aku nggak tahu apa aku bisa kuliah setelah aku lulus SMA. Aku sendiri ngerasa kalo aku orangnya terlalu santai dan mengalir. Terlalu pasrah sama apa yang didapet, mau masuk di universitas apa aja hayuk lah pokoknya. Tapi nggak terpikir sama sekali buat masuk teknik, apalagi teknik elektro. Busyet dah, sumpah, kagak pernah sama sekali... Apa itu teknik elektro????*doh
Babe yang inisiatif buat nawarin aku untuk kuliah di Solo. Kenapa mesti di Solo? Karena Eyang ku di Solo. Aku kuliah disana sekaligus nemenin Eyang yang udah mulai menua. Ada dua pilihan yang dikasih, UNS atau UMS. Dan dengan sadar diri akan kemampuan intelektual yang pas-pasan, kecil kemungkinan untuk bisa lolos Sipenmaru, aku memilih Universitas Swasta UMS.
UMS punya sistem one day service buat penerimaan mahasiwa baru. Jari sehari itu test, trus langsung ketahuan lolos apa enggak. Kita dikasih kesempatan 3 kali buat test, trsu habis itu keluar skor, nah skor itu yang nantinya bisa dicocokan sama great fakultas yang dipilih. Yang aku inget cuma 3 great terbesar : kedokteran, farmasi, trus teknik. Sasaran utama ku pas aku daftar disitu adalah Farmasi. Setelah 3 kali test, ternyata skor terbesar dari 3 test itu masih kurang 11 poin buat masuk ke farmasi. Ya udah deh, mau gimana lagi,,,
Akhirnya aku putusin buat masuk teknik aja. Pas itu pikiranku masih simpel aja “Teknik gak kalah keren kok”. Bayanganku kalo fakultas teknik itu pasti pelajarannya susah, ngitung melulu, mayoritas cowok liar, tapi banyak juga cowok gantengnya. Kalo aku bisa masuk teknik bakal keren nih. Ke-macho-an ku bisa makin terasah, hahahahaha.....
Yang ditawarin di brosur ada 5 jurusan : sipil, arsitek, mesin, elektro, kimia, industri. So. aku mulai berfikir, mana yang kira-kira cocok sama aku.
Sipil?? aku ogah kalo disuruh jadi tukang bangunan.
Arsitek?? aku bukan orang yang suka berimajinasi, bikin garis tanpa penggaris aja mesti menceng.
Mesin?? wew, terlalu macho!. sangar...
Kimia? nilai ujian kimia SMA aja pas-pasan.. gak PD aku..
Industri? kagak ada bayangan sama sekali. Blank.
Elektro??? (aku baca lagi penjurusannya ada elektronika, ketenagaan, ma komputer) Komputer??? wah, bisa nih. Kalo cuma didepan komputer, modal jari ma mata yang betah melek, bisa lah.... (kebiasaan nge-game ampe pagi, hahaha). Lagian pas itu ilmu komputer lagi potensial banget..
Dan masih dengan pemikiran se-simpel itu aku putuskan untuk masuk elektro, dengan misi ntar pas penjurusan milih komputer tentunya. Aku jadi inget dulu pas awal-awal kuliah pernah ditanyaain apa cita-cita kamu? kenapa kamu masuk elektro?? Dengan berdiri di depan kelas, diliatin anak sekelas, spontan aku jawab ‘mau jadi programer’ (asal nyeplos dan nyomot kata seadanya yang ada dikepala). Padahal aku nggak tau lho programer itu tugasnya apa. Yang penting ada hubungannya sama komputer. hahahahah.... (aku masih malu kalo umar ngingetin aku soal ini)
Sejalan dengan waktu, setahun terlampaui dengan fine-fine saja. Ternyata jadi anak teknik nggak sulit-sulit amat. Saatnya penjurusan, aku mulai bimbang. Nilai mata kuliah yang berkaitan sama komputer kok jelek-jelek ya,,, Yang bagus malah nilai untuk mata kuliah tentang sistem tenaga, arus kuat bok!!! hahaha. Aku mulai suka sama rumus-rumus listrik, dan lupa sama keinginan buat masuk ke progdi komputer. Dari 5 cewek elektro 06 selain aku, 2 pada milih komputer, yang 3 masuk ke ketenagaan. Daripada di komputer aku nggak bisa apa-apa, ngowoh thok, mending aku milih arus kuat. Toh prakteknya nggak sampe naik tower listrik kok. Aku nggak punya planning yang jelas yang mendukung untuk masuk ke arus kuat. Ntar kalo aku ambil arus kuat mau jadi apaan kalo udah lulus kuliah pun aku gak mikir. Yang aku pikirin cuma aku bakal enjoy belajar hal yang aku suka. So, aku putusin buat masuk arus kuat.
Sampe sekarang pun kalo ditanya ‘kok ambil arus kuat? kan cewek? hebat!’ ., aku cuma senyum sambil bilang ‘Nyasar,pak’...

Komentar

  1. kesulitan kuliah di teknik elektro apa kak?
    apa lg kaka cewek kan..
    berbaur sama cowok nya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena dulu dari SMA dan mahasiswa lainnya kebanyakan dari STM, awal-awal agak bingung sama materi kuliahnya. Tapi nanti juga terbiasa sendiri.
      Kalo soal berbaur sama cowok, itu mudah, sangat mudah. Cowok itu nggak neko2, mereka easy going. Nggak kayak cewek yang kadang kadang ribet sendiri. malah karena cewek minoritas di kampus, kita malah dapet beberapa keistimewaan. Banyak yang jagain, banyak yang nawarin tebengan, kalo pas praktek pake fisik kita cuma jadi tukang catet.
      ada rencana masuk dunia teknik Fafa???

      Hapus
    2. iya kakak aku ngambil teknik elektro krn kesalahan dan itu gak bisa di ubah lg huaaaaa mewek,
      sebenrnya khawatir nih, cowok'' kan biasanya suka ngegangguin cewek apa lg klo ank stm tu kaya gk pernah liat cewek tau kak
      gimana dong butuh solusi kak :(

      Hapus
    3. pelajarannya gimana kak susah bgt gk?
      huh fisika ku sangat errr
      kakak ada fb? atau twitter?

      Hapus
    4. Maaf, agak lama balesnya. Lebaran dulu.. :D

      Masuk elektro univ mana fafa? Selamat ya...
      Kalo belom nyemplung langsung sih emang gitu, pasti rasanya takut, tapi kalo udah ngalami sendiri nggak susah2 amat kok..
      Kuliahnya gampang kok... santai aja...

      Fb search by email, karena kalo pake nama pasti gak ketemu, diprotect, ice_tea_cool111@ya**o.co.id.
      Twitt @estyasty

      Hapus
    5. maaf lahir batin kak
      klo nyari email gk ketemu kak,
      emng nma fb nya apa?
      hmm di univ. bngkulu
      kehidupan teknik kayanya keras ya kak.?

      Hapus
  2. Kalo pake email gak ketemu pake nama pramesti kusumaningtyas dek.
    Enggak kok, nggak keras.. santai aja, gaul sama cowok nggak begitu ribet kok kayak gaul sama cewek. Hehe.
    udah mulai masuk kul blom nih? Kapan ospeknya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku udah ospek kak, wiih ospek nyaaa beda dr fakultas lain kak lebih keras, tp seruu bgt wlwpun sering diomelin sama dikerjain gak apa lah,
      iya jg sih kak temen'' ku banyakan cowok smw kalo kenalan, apa lg pas kerja kelompok semuanya beres kalo sama cowok coba kelompok ku cewek semua pasti ribet bgt kebanyakan pendapat terus ujung''nya gak bakal selesai. yaah terasa bgt beda bergaul sama cow n cew.
      kakak seniornya baik'' jg hehehe

      Hapus
    2. Cewek elektro emang kadang dapet dispensasi kusus kalo ada tugas. Kalo dijalanin fun2 aja kan. Udah punya pacar blom? Kesempatan tuh, tinggal pilih, kan cowoknya lebih banyak. Hehehe.

      Sejurusan ada berapa ceweknya??
      Sukses ya buat kuliahnya... :)

      Hapus
  3. wiih kalo ada dispensasi sukur deh, oke kak bakal aku jalanin moga kuat deh.
    aku aja bingung harus jawab apa kalo senior nanya ''kamu kenapa milih elektro?'' sumpah itu galau bgt
    kayanya aku udh ilang arah deh :(
    huaa intinya aku nyasar di elktro kak gara'' ortu nih

    klo kakak sendiri apa jawabannya kalo ditanyain gitu?
    kalo pacar blom punya kak hahaha emng bnyk sih yg cakep'' hohoho tp blom tentu mau sama aku hehe
    oh ya kak aku mau add fb nya tp ntar salah org lg jd blm aku add deh, mahayu pramesti kusumaningtyas kan?
    ceweknya cuma 6 org kak hahaha
    oke kak makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha,,, kalo konteksnya bercanda jawab aja nyasar. Kayak waktu aku ditanya kenapa aku masuk elektro.

      Tapi kalo konteksnya formal, atau pas ospek, pas dikasih materi motivasi gitu ya dijawab yg optimis biar aman. Misalnya karena saya pingin jadi karyawan PLN, pingin bikin senjata elektrik, pingin bikin robot yg bisa disuruh2, dll. Hahaha
      *gak jelas banget ya.. maaf kalo sarannya gak masuk akal.

      Ceweknya 6 orang? Sama dong kayak angkatanku. Kita juga ber6.

      Hapus
  4. Halo. gabung ya..Aku juga cewek yang kuliah di jurusan teknik elektro arus kuat. sekarang udh semstr 8..:) Satu2nya cewek di angkatan 2011.. Dan smpe skrg masih aman2 aja..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assikk... kita senasib mbakyu...
      Semangat bikin tugas akhir ya. Semoga ilmunya bermanfaat..

      Hapus
  5. kak aku masuk elektro tahun ini. temen kakakku cerota dia juga punya temen cewe yg masuk elektro, terus temennya itu keluar bukan karna pelajarannya tapi karna suasana belajarnya yg keras dan ga enak. Itu gimana tanggepan kakak? Pas denger cerita itu aku jadi pengen ngundurin diri huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman, tenang aja.

      Lain ladang lain belalang sih.. Tapi pada umumnya cewek di teknik itu terlindungi..

      Pinter2 adaptasi, ritme anak teknik emang keras dan cepat. Coba dulu, kalo udah tau asyiknya nggak bakal deh pindah jurusan.

      Hapus
  6. gabung dong kak. aku mahasiswi baru ni ambil teknik elektro.
    galau lah takut salah pilih:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasih waktu 1 semester, kira kira kamu kuat, lanjutkan! pilihanmu sudah tepat.
      Tapi kalo tiap hari yang terasa cuma perasaan tertekan, hempaskan. Jalanmu bukan disitu say.

      Hapus
  7. Halo kak, boleh minta id line/ yg lainnya ga kak heheh? Minat masuk teknik elektro nih mau tanya2����

    BalasHapus
  8. Maaf kak ikut gabung, untuk teknik elektro harus bener2 bisa fisika gak ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak harus mahir, yang level biasa2 aja jg gpp. nanti diajarin kok. semester awal ada mata kuliah fisika dasar.

      Hapus
  9. Maaf. Boleh ikut gabung..
    Aku juga cewek yang masuk teknik elektro..
    Abis ini mau ada kejuruan ambil arus lemah atau arus kuat..
    Ini yang bikin aku bingung kak.

    Tolong. Bisa kasih pencerahan kak?

    BalasHapus
  10. Maaf. Boleh ikut gabung..
    Aku juga cewek yang masuk teknik elektro..
    Abis ini mau ada kejuruan ambil arus lemah atau arus kuat..
    Ini yang bikin aku bingung kak.

    Tolong. Bisa kasih pencerahan kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. arus lemah aja, kalo arus kuat ntar pas nyari kerja saingannya sama cowok2 kekar.. hehehe.

      Hapus
  11. Selamat siang, ini bener pramesti kusumaningtyas yang anak ums teknik elektro ?

    BalasHapus
  12. Halo kak, aku mau masuk jurusan elektro tapi kata ortu ku kenapa cewek harus masuk elektro disana laki" semua awalnya aku juga takut tapi setelah liat cerita kakak aku jadi optimis thanks ya kak udah bagi ceritanya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.