Langsung ke konten utama

Cinta tak mengenal Kasta

Beberapa waktu yang lalu ada yang nanyain : “mbak, kura-kuramu jenis apa??”. “Red eared slider” jawabku. “Owh, kura-kura brazil tho?? nek meh melihara ki sing ngene ki mbak, regane larang, langka, josh pokokke. Nek kura-kura brazil kan murah mbak, wes akeh sing duwe” katanya sambil nunjukin kura-kura jenis xxx. Aku cuma senyum sambil mantuk-mantuk.

****

Aku ngerawat piyut (kura-kura brazil ku) udah hampir 4 tahun. Pertama kali liat aku udah jatuh cinta sama dia. Nggak peduli dia dari kura-kura jenis apa, mahal atau tidak, bahkan aku nggak tau kura-kura itu dinilai bagus apa enggaknya dari aspek apa aja. Yang aku tahu dia itu menyenangkan, itu cukup buatku. Bukankah cinta itu tak pandang golongan dan jenis, cinta itu universal. Masak hanya karena si Piyut adalah jenis kura-kura murahan, trus dia nggak layak untuk dipelihara? nggak gitu kan..? Belom tentu juga aku bisa jatuh cinta sama kura-kura yang dibilang mahal dan langka tadi seperti aku jatuh cinta sama piyut. Yang mahal dan langka kan biasanya butuh perawatan ekstra, blom lagi kalo kura-kuranya ganas. Piyut, walaupun kadang dia nakal, dia blom pernah gigit aku, dia juga jarang banget nyakar aku.
Bener kata pepatah, “witing tresno jalaran soko kulino”. Aku sayang banget sama piyut. Tiap pagi aku nyapa dia, ngasih makan dia, nguras kolam, bersihin lumut, nyikat punggungnya, pokoknya selalu meluangkan waktu biarpun sebentar biat piyut. Pas piyut sakit, enggak doyan makan, atau pas piyut lagi lemes, aku pasti khawatir. Aku ikut deg-degan kalo dia lagi sakit. Waktu dan kebiasaan bersama yang bikin kita jadi deket dan akhirnya aku makin jatuh cinta sama piyut.
Tenang yut,,, kamu masih yang nomor 1 dibanding kura-kura yang dipajang di pasar hewan itu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.