Langsung ke konten utama

on the bus part 3

Seperti biasa hari Sabtu kemarin (22/01/11) aku pulang kuliah naek bis curug sewu lagi. Awalnya pesimis kalo nggak ada bis Weleri yang lewat lagi. Jarum pendek jam udah mengarah angka 5, jarum panjang udah di angka 11... "Hmm,, nek nganti 15 menit neh gak ono bis leri, tekan mangkang yo rak popo" ,batinku sambil nunggu bis lewat di Kali Gawe.. Dan akhirnya, jam lima lewat aku baru dapet bis leri. Untung aja bisnya lewat,, ehheheehe,,, nggak usah nunggu jemputan babe di Terminal Mangkang, ^_^
Dan seperti biasa juga, pasti ada kejaian-kejadian berkesan selama perjalanan pulang dalam bis... ^_^

Rute jalan arteri yang lewat pelabuhan selalu mengingatkan aku soal sosok abstrak yang satu itu. Pasti langsung kepikiran " lagi apa ya dia disana? apa dia masih inget aku juga? " hehehe... lagi asyik-asyik ngelamun sambil nikmatin pemandangan pelabuhan di sore menjelang magrib, tiba-tiba kernet bisnya ribut sendiri dan bis melambatkan jalannya. Hmm,, ternyata macet,,yang harusnya 2 lajur jadi cuma 1 lajur gara-gara ada truk gede mirip truk kontainer gitu ngguling gara-gara lobang ditengah jalan. Truknya muat genteng ma kaca, otomatis kaca ma gentengnya pecah banyak. Hmm,, bakal rugi tuh...

Salah satu kernet bis spontan ngomong " blaik,, tenan tho,, ki nek durung ono sing ngguling rak bakal di dandani dalane. Nek wes ngene ki lagi ribut,,,". Jalan arteri kalibanteng-pelabuhan emang parah banget. Setahuku 2 bulan yang lalu nggak separah ini rusaknya. Sekarang jalannya jadi licin,bergelombang tiap dekat bangjo, banyak genangan yang dalemnnya bisa sampe 30 cm dan diameter 1 meteran (cocok nggo ngedusi bayi ,,hahah), dan kalo ujan pasti tambah parah macetnya. Belom lagi jalan ini biasa dilewati sama truk-truk ngangkut peti kemas gede-gede yang mau ke pelabuhan.

Tapi ya bener juga kata kernetnya,,, " nek durung ono sing ngguling rak bakal didandani dalane". Padahal kan udah lama banget lobang itu ada, tapi nggak ada langkah cepat pemkot buat nambal tuh lobang. Lambat banget reaksi pemkot,, Kalo udah ada kasus gini, baru deh ditambal. Emang soal sarana lalulintas di daerah dekat laut itu susah-susah gampang. Kata adekku yang anak sipil dan dapet mata kuliah ilmu transport, jalan di deket pantai kayak Semarang ini sering berlobang karena struktur tanahnya labil, sering kena air dan beban yang lewat juga besar. Kalo perencanaan dan proyek jalannya nggak dipikir dan realisasikan dengan bener2, ya hasilnya kayak gini mbak. Mungkin kontraktor jalannya kebanyakan nggambil jatah,, hehehe...

hmmm,,, satu hal lagi pembicaraan yang menarik di dalam bis itu...
Waktu itu bis penuh banget gara-gara rombongan kuli bangunan yang naik. Lebih dari 10 orang kayaknya. Langsung berada engap di bis, hehehe. Dalam keadaan sesak dan sulit gerak si kernet masih bisa nyelip-nyelip diantara para penumpang bis buat narikin uang. Dengan penuh perjuangan si kernet bergerak dari belakan ke depan. Sampai pada saat si kernet narikin uang ke penumpang didepankuku. Dengan jawilan ringan si penemupang udah paham apa maksudnya. Dia segera ribut nyari uang di dalem tasnya. "gedebug",, payung si penumpang depanku jatuh pas dia nguprek tasnya. Tau nggak apa yang di bilang si kernet??? "mBak,, payung'e gegal". Spontan aku geli dan pingin ngakak tapi tak tahan. Jiah,,, aku denger istilah "GEGAL" , Kendal banget tuh,,,bahasa kendal yang udah lama nggak aku denger, dan kosakata itu jadi aneh banget kedengerannya (maklum, 4 tahun disolo). hahahahah.... Sumpah, aku udah lama nggak denger orang bilang kata itu dengan logat yang medhok khas orang leri....

nggak paham ya???? Oke,, aku jelasin...
jadi "gegal" = jatuh

JATUH = tibo (jawa kasar)
= dawah (jawa kromo)
= Njiglok (jawa kasar khas Solo)
= Gegal (jawa kasar khas weleri)

Yah, kupingku udah terbiasa sama bahasa orang Solo. Jadi pas awal denger kata itu setelah sekian lama tidak pernah mendengarnya itu langsung pingin ketawa. Sama juga sih sebenernya pas awal-awal aku di Solo, denger kata "njiglok" juga gak paham dan pingin ketawa. Tapi aku akui, emang logat dan bahasa orang Kendal-Weleri sangat unik. HEHEHE...
hari ini aku nambah satu lagi ingatan kosa kata masyarakat Kendal nie...  ^_^

Overall,,, obrolan orang-orang di bis kota cukup menarik untuk didengerin. Mereka ngobrol soal sosial, politik, curhatan, atau gosip-gosip hangat lainnya. Mirip di warkop. Tapi karena aku nggak suka ke warkop, makanya aku suka nguping pembicaraan orang di bis curug sewu biar tetep update tentang kehidupan dan berita sosial politik yang lagi hot. ^_^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.