Langsung ke konten utama

Drama Kelahiran Falah 2


"Ini harus secepatnya dikeluarkan. Persiapan cesar ya Bu,," gitu katanya. "Kalo sore ini bisa masuk, besok minggu pagi saya operasi". Wow. Denger gituan mental langsung syok. Aku sih berharapnya kevin bisa 2 kg, ternyata cuma 1,8.
****
Azdan ashar terdengar, mobil babe meluncur dari RSBH ke RSUD Kendal. Babe langsung gerak cepat setelah tau instruksi dokter Lambang tadi. Sebenernya aku masih pingin ngulur waktu, mampir ke rumah bentar, makan, sholat ashar, baru deh berangkat ke RSUD. Tapi Babe nggak mau tau, pokoknya secepatnya dapat kamar di RSUD, karena katanya harus dapat kamar dulu, dan itu susah..!
Akhirnya buat ngulur waktu dan menyiapkan mental aku minta Babe mampir ke Bu Bagio. Laper mak! Belum makan siang nih.. Tadi pas berangkat ke RSBH kan buru2 dan panik karena nunggu mas Dim pulang dari kantor jam 1, padahal jadwal pak Lambang mulainya jam 1.

Abis isi perut langsung cus ke UGD dengan berbekal surat pengantar dari Dr. Lambang. Untung aja mas Dimas punya temen (deket) yang kerja di UGD. Semua urusan di UGD lancar. Gue masih aja cengengesan pas infus sudah terpasang. Gue masih ngga punya firasat macem-macem walaupun aku tau kondisi pre eklampsi berat itu efek terberatnya emak dan bayinya bakal meninggal.


Kira-kira maghrib, perasaan takut dimulai saat sudah di kamar isolasi untuk nunggu persalinan. Jadi kalo di RS ada ruangan khusus yang digunakan untuk observasi bagi ibu-ibu yang akan melahirkan, buat nunggu sampai bukaan 7 katanya, baru nanti pindah ke ruang bersalin.  Satu ruang diisi 2 orang. Gue yang dijadwalkan untuk operasi esok paginya itu juga disuruh nginep di ruang isolasi itu, karena katanya serangan preeklamsi berat itu mendadak, jadi tetep harus dipantau. Mualilah gue begaul sama emak-emak mau melahirkan.

Semaleman gue disana. Gila. Stress sendiri gue. Gimana enggak, gue liat orang yang mau ngelahirin, mulai dari yang lahiran dengan mudahnya hingga yang sampai harus teriak-teriak gitu. Nggak bisa tidur. Belum lagi tengah malam geger ada ibu muda yang sekamar denganku pingsan di toilet dengan pendarahan gitu. Gimana ngga parno. Mau tidur susahnya minta ampun. Entah malem itu rasanya banyyaaaak banget yang lahiran. Ramee banget. Belum lagi digangguin mbak suster yang secara berkala ngecek detak jantung dedek, ada kali semalam itu di cek sampe 4 kali.

Sekitar jam 3 suster datang buat ngingetin untuk mulai puasa dan nganterin baju operasi. Sudah dijadwalkan, besok gue yang pertama masuk kamar operasi.

Well,, prosedur selanjutnya adalah cukur bulu kemaluan dan pasang kateter. Subhanaloohhhh... itu yang namanya pasang cateter rasanya luarbiasa. Kayaknya lebih sakit pasang cateter deh dari pada operasinya. haghaghag. Cuma yang udah tau yang bisa bayangin gimana rasanya. wkwkwkwk.

Sekitar jam setengah 8 paginya gue digiring ke ruang operasi. Seumur-umur baru itu gue masuk kamar operasi. Kamar operasinya luas, banyak alat-alat yang aku nggak ngerti kegunaannya. Mirip di bengkel laborat anak teknik. hahahahahaha.. Sampai disana disambut sama dokter anestesi yang walaupun wajahnya tertutup masker tapi tetep pesona gantengnya keluar (esti... pliss deh.. lu mau operasi masih aja ngomentari gantengnya dokter anestesi). wkwkwkw.

Dokter anestesi mulai SKSD, nanya-nanya gitu. Sambil ngajak ngobrol ringan gue bilang gue takut pake banget. Dan dengan tenang beliau menjelaskan prosedurnya. Jangan tegang, itu akan mempengaruhi denyut jantung dan tekanan darah. Rilex dan berdoa. Begitu katanya. Sesaat sebelum disuntik obat biusnya di punggung, gue di cek tensi, 170. Hehehehe.

Setelah obat bius disuntikan, gue disuruh rebahan. Test apakah obat bius udah bekerja dengan ngangkat kaki. Kalo kaki udah nggak bisa diangkat, berarti udah kebas dan siap di operasi. Sesaat setelah itu Dokter Lambang datang dengan senyum yang ngembang, menyapa dan menenangkan. Pertanyaan yang pertama diucapkan adalah "gimana, udah siap belum? semalem bisa tidur kan??"... Yen ngene aku arep njawab piye. Siap ora siap wes kadung tekan kene, piye ne iso turu yen sewengi ono sing lahiran karo jerat jerit. Wkwkwkwkw.

Pak Lambang dan dokter anestesinya emang kayaknya sengaja bikin gue setengah tidur gitu, biar nggak tegang. Yang gue inget ada bau menyengat yang bikin gue tiba-tiba ngantuk bangeeeet. Antara sadar dan enggak gue denger pak Lambang bilang "Bismillah, saya mulai ya bu operasinya". Kemudian terasa perut di goncang-goncang. Lalu pak lambang dan timnya ngobrol soal banyaknya pasien semalam dan rasan-rasan soal istri dan nambah momongan disela-sela instruksi-instruksi operasi (sempet ngobrol soal bola kagak ya? wkwkwkw), santai sekali ternyata operasi SC itu. Sempat juga antara sadar dan tidak terdengar Pak Lambang bilang "Bayinya mini ini". Oke, gue tau prediksi BB adek cuma 1,8kg. Percuma gue makan es krim sehari sampai 2 ember selama ini. Dan yang terakhir gue denger sebelum bobok pules adalah tangisan Falah yang pertama dan teriakan "bayinya laki-laki, selamat ya bu" yang tersamar ..

Alhamdulilaaah... Lega .....


*bersambung

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.