Jumat, 02 Desember 2016

Drama Kelahiran Falah 2 (end)

Dan yang terakhir gue denger sebelum bobok pules adalah tangisan Falah yang pertama dan teriakan "bayinya laki-laki, selamat ya bu" yang tersamar ..
Alhamdulilaaah... Lega .....


*********
Ngga tau berapa lama aku tertidur. Yang aku tau aku sudah dibangukan perawat dan memintaku untuk pindah dari ranjang untuk operasi ke ranjang dorong untuk keluar dari ruang operasi. 

Mamah menyambutku sambil nangis. Gue ngga tau beliau nangis karena apa, mungkin tangis bahagia pikirku. Pikiran gue yang baru sadar langsung kerja realistis. Pertanyaan pertama kali terucap adalah gimana mah adek? Mas dim mana? Udah di-adzan-in?  Barang2nya udah disiapin?. Mamah cuma nangis sambil bilang gak popo, sehat. Alhamdulillah nyicil ayem. 


Tapi setelah beberapa saat, sepertinya ada yang aneh. Mamah sama mertua sibuk sendiri. Yang gue tau mereka membereskan administrasi buat masuk kamar, mengubur ari-ari, menyiapkan keperluan macem-macem. Sampai akhirnya mas Dimas datang. "Adek sehat mas? Mirip siapa wajahnya?" Dia menjawab dengan tegar " Adek sehat, cuman bibirnya ada kelainan, sumbing." Wajah tegar itu ngga akan gue lupain. Bahkan sampai sekarang gue nulis, gue masih bisa ngebayangin gimana mimiknya saat itu. Bapak juga sama tegarnya sama mas Dim. Laki-laki emang gitu yah, lebih realistik dan bisa menetralisir perasaan yang emang mengganggu saat itu. "Bisa dioperasi kok kalo udah 3 bulan" gitu kata Bapak. Mamah sendiri mewek aja adanya, huh, dasar cewek. Hahahaha...



Gue sih dibilang syok ya syok. Tapi masih belum bisa mikir kemana-mana. Yawdah, gue santai aja. Yang jelas gue harus segera pulih buat jengukin bayi gue di ruang peristi (Perinatologi Resiko Tinggi)

Semaleman gue masih teler, kaki belum optimal bergerak. Besoknya baru latihan duduk. Alhamdulillah pemulihan gue cepet. Jadi malam hari selang hari setelah adek lahir gue udah bisa duduk di korsi roda sambil didorong mas Dim nengok anak kami di ruang peristi. Saat melihat pertama kali itulah gue baru bisa mikir. "nih anak ntar gedenya gimana, makannya gimana, itu selang buat apa, apa iya bisa bertahan idup...??" Nyeseklah hati gue. Sambil saling pegang tangan menguatkan, gue dan mas Dim mandangin anak kita.


Coba lihat deh pose bobok bayi kami. Kelihatan cowok banget ya. Walaupun tubuhnya mini cuma 1900 gr/42cm dan selang disana-sini serta mulutnya yang sumbing itu, tapi ya masyaAllah kuat sekali anak ini.

Gue sendiri udah boleh pulang setelah 4 hari di RS. Alhamdulillah SC nggak sesakit yang dibayangkan. Pemulihannya juga nggak seribet yang dibicarakan. Pasca SC juga aman-aman aja. Yang bikin sedih cuma pas gue udah boleh pulang adek harus tetep di RS. 

Hari-hari selanjutnya, pagi barengan sama mas Dim yang berangkat ngantor mampir buat jenguk adek sampai sorenya gue dijemput mas Dim lagi sekalian balik rumah, malemnya adek ditinggal. Yang jagain ya suster sama ibu-ibu yang sengaja nginep disitu buat ngasih asi anaknya.


Ada cerita lucu selama 10 hari adek di ruang Peristi untuk diobservasi. Jadi gini, hari ke 4 setelah adek lahir ada laporan dari ibu-ibu yang nungguin anaknya kalo malem di ruang Peristi "anake njenengan nek nangis banter, nek bobok wes muser, nganti ucul seko bantale..." Suster juga ngeluh "selangnya copot terus, adek geraknya aktif, selangnya buat mainan" Whaaat ???? cah semono wes polah le turu???? Iso nyopot selang dewe??? Wkwkwkwwk... Bayi ajaib.

H+5 (pas puputan) adalah titik dimana gue dan mas Dim down. Bingung apa yang harus dilakukan buat adek. Sesiang itu gue nunggin adek dan belajar nggasih susu ke adek pake pipet karena dot khususnya belum ada. Antara takut dan sedih pas netesin susu ke mulutnya. Sesiang tadi dia cuma minum 5ml, padahal sudah disarankan untuk dosis minumnya 10ml. Gue nggak bisa bayangin gimana kalo nih bayi gini terus. Kurus dan makin kurus... Sampai rumah gue curhat ama mas Dim. Kita berdua nangis. Pertama kali gue ngelihat sisi lemas suami gue.

Besoknya suster laporan, adek udah minum banyak. Sudah banyak perkembangan. Hari ini lepas selang, dan jika memungkinkan besok udah turun dari inkubator. Lega deh. Kekhawatiran semalem udah ternetralisir dengan berita ini.

Kami terus belajar, browsing dari internet, mengingatkan satu sama lain,,, dan akhirnya ketemu sama Komunitas Satu Senyum. Dari situlah kita tau banyak ilmu tentang ngurus anak dengan CBL. Komunitas seperti ini sangaaat membantu. Makanya gue sarankan buat ortu baru yang anaknya kena CBL bisa segera update wawasan dengan komunitas satu senyum, ben padhang pikire.



Sampai H+7 adek belum dikasih nama. Banyak nama yang di rekomendasikan. Mulai dari Kevin, Alfarendra, Erlangga. Dan akhir dari rundingan kami, bayi ini dikasih nama "Falah Khazri Muafa"
Falah : beruntung, kemenangan
Khazri : Mandiri
Muafa : Sehat
Harapan kami Falah bisa jadi anak yang beruntung, mandiri kelak dan selalu sehat.


Mamah dan Ayah selalu menyayangimu, Falah...
Ingat itu.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar