Langsung ke konten utama

Gue: mana kontribusimu est??

Alhamdulillah, hari ini hidayah datang lagi buat gue...

***
Pagi ini sempat-sempatnya buka Detik, baca-baca, trus ngeliat ada berita yang udah lengser dari headline, yang menarik disela-sela berita politik demokrat dan penambahan biaya bagasi KAI. Disana ditulis "Laporan dari Den Hag, Ini pemaparan Ahok ke Dubes dan ahli di luar negeri". Ceritanya Ahok bikin teleconferece sama mahasiswa Indonesia dan Dubes Indonesiadi di Belanda untuk sharing soal rencana induk mengatasi banjir dan masalah-masalah yang membarenginya. Udah lama banget kayaknya gue nggak denger berita yang berkualitas ginian. Yang sering gue dengar Dewan Perwakilan kita biasanya cuma bisa studi tour atau kunjungan kerja ke luar negeri tanpa bawa hasil yang berarti. Ahok datang dengan gebrakan, nggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, untuk tahap awal cuma video conference aja cukup. Hebat. Gitu dong, mahasiswa Indonesia yang udah pinter-pinter disuruh balik lagi buat benerin negaranya sendiri...

Banyak pelajaran yang gue dapet disini. Gue jadi malu, karena selama ini gue videocall-an cuma buat iseng-isengan aja. Ternyata itu bisa jauuuuh lebih bermanfaat saat digunakan untuk keperluan yang benar-benar baik. Gue juga ngerti kalo nggak semua mahasiswa yang belajar di luar negeri lupa sama negerinya sendiri. Setidaknya mereka lebih baik daripada gue. Gue yang tinggal di Indonesia aja kadang cuek sama masalah yang lagi dihadapi negeri ini. Gue contoh generasi gagal kali ya... *malu gue...


***
Agak siangan gue liat tivi. Ada liputan Ekspedisi Krueng Tripa Aceh di Apa Kabar Indonesia. Ekspedisi arung jeram yang sempat 12 kru ekspedisinya dianggap hilang karena ilang kontak. Disana diputerin video yang ngeliatin gimana ganasnya krueng tripa. Sumpah, keren sekaligus ngeri liatnya. Adrenalin ikut tertantang. Tapi yang berkesan pas akhir sesi wawancara dengan kru ekspedisinya. Waktu mereka ditanya apa nilai yang anda dapat dari ekspedisi ini? salah satu krunya bilang, view waktu di pos pemberangkatan itu bagus banget, mirip di eropa, lembah gunung seperti permadani. Nggak perlu jauh-jauh ke Eropa. Gue cengoh kemudian sadar beberapa saat setelahnya, ternyata banyak kekayaan dan keindahan alam Indonesia yang masih belum terekspose. Banyak yang gue nggak tau soal negeri gue sendiri.

***
So, apa jadinya jika generasi sekarang nggak pada tahu potensi-potensi yang dimiliki bangsanya sendiri....Sebagai anak muda gue malu, bener-bener malu,, Wawasan gue masih sempit. Gue ngerasa lapar ilmu. Masih banyak yang gue nggak tau...
Gue malu. Gue yang seharusnya masih kuat, masih cekatan, masih bisa berkembang, tapi nggak ngelakuin apa-apa buat bangsa gue sendiri. Gue cuek sama masalah yang berkembang disekitarnya.

Gue pingin gue bisa ngasih kontribusi buat bangsa ini... 

Gue jadi inget, beberapa hari lalu gue ngayal kalo besoknya gue adalah salah satu wanita yang tergabung dalam tim yang ngurusin pengaturan beban listrik Jamali. Mungkin itu impian yang harus gue kejar. Itulah kontribusi yang gue berikan buat bangsa ini dibidang energi. InsyaAllah gue kejar impian gue....


(Semangat gue tumbuh lagi...
sayup-sayup gue denger suara dari jiwa....)

Bagimu negeri kami berjanji
Bagimu negeri kami berbakti
Bagimu negeri kami mengabdi
Padamu negeri jiwa raga kami

est\

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.