Langsung ke konten utama

tips bikin bola-bola daging


Menu khas lebaran yang enak banget salah satunya adalah sambal goreng kreni atau bola-bola daging. Yang susah dari bikin bola-bola daging adalah kadang bola-bolanya ambyar atau hancur pas direbus. Untuk mengakalinya ada banyak versi cara untuk membuat bola-bola daging ini. Ada yang dikasih tepung terigu, atau tepung pati kanji, atau tepung maizena, ditambah telur, dll. Tapi adri beberapa eksperimen yang aku bikin sendiri, penambahan tepung dan telur bisa merubah rasa dari daging itu sendiri...


Dari hasil eksperimen sama mama saya di dapur uji di rumah kami, kami bisa nyimpulin gimana caranya bikin bola-bola daging yang enak dan gak hancur waktu dimasak...

Daging harus fresh, gak boleh daging simpenan kemarin yang udah keluar dari rumah tahanan freezer atau kulkas. Biasanya mama beli daging seger di pasar, lalu dicincangin sekalian sama tukang dagingnya. Tentunya sebelum dicincang daging harus dicuci bersih dulu. Selain dagingnya yang dicuci bersih, alat buat nyincang juga harus dibersihin dulu. Hal ini karena kalo daging udah dalam bentuk cincangan gak mungkin dicuci lagi.
Habis pulang dari pasar, mama langsung bikin deh bola-bola dangingnya. Daging mentah tadi, tanpa dikasih bumbu apapun, tanpa dikasih tambahan tepung dan telur, just fresh meat, langsung dibikin bola-bola. Ukuranya boleh gede se-bola bekel, boleh juga kecil kayak kelereng. Bedanya ntar cuma waktu ngerebusnya, karena bola daging yang besar tentu butuh waktu yang lama biar mateng.
Sambil bikin bola-bola ntu, mama manasin air yang udah dikasih bumbu. terserah mau pake bumbu apa, biasanya sih cuma bawang, merica dan garam yang dialusin. Tapi bisa juga pake bumbu penyedap yang instan kayak masako, royco, dkk.
Kalo air bumbu tadi udah mendidih, tinggal masukin deh daging seger tadi yang udah dibentuk jadi bulet-bulet. Ngerebusnya mesti ati-ati, jangan bayak diaduk ntar pada hancur bola-bola dagingnya. Kalo bola-bola dagingnya udah pada ngambang, nah itulah saatnya bola-bola danging itu diangkat kemudian ditiriskan. Kaldu dari hasil rebusan ini juga bisa dimanfaatin lho..
Akhirnya bola-bola daging itu siap untuk diolah jadi berbagai masakan yang sedap selanjutnya, seperti sop, semur, sambal goreng, rica-rica, bestik, dll.


Komentar

  1. kalo bikin bola-bola dagingnya dari giling daging sampai nyetak pakai mesin pembuat bakso gimana? apa rasanya masih seenak bikin manual?

    BalasHapus
  2. Hehe, blom pernah nyoba, ada testernya?? ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa Kendal 1

Indonesia penuh dengan keanekaragaman, termasuk keanekaragaman bahasa... Lama aku nggak tinggal di Kendal, Kelamaan di Solo bikin aku canggung sama bahasa sehari-hari di Kendal sini.. Kadang bikin aku ketawa aja kalo dengernya... Berikut ini adalah beberapa kosa kata yang menurutku aneh... (huwahahahah,,, sok banget sie esti,, mentang2 lama gak di Kendal) 1. porah = luweh = yowes, terserah, ben, jar ne... 2. ngga'a = iya 3. emb-mak = emoh, gak mau.

Penyakit mata pada kura-kura

PIYUT (virut), nama kura-kura aku dan adikku. Tak kasih nama itu karena kalo makan dia lahap banget, kayak virus komputer yang namanya "virut", yang dengan lahap nyerang banyak file simpenan kita. Kita (aku dan adikku) udah merawat dia dari umur 2-3 bulanan sampai sekarang udah hampir 2,5 tahun. Udah 2 kali piyut kena penyakit mata ini, yang pertama sembuh dengan sendirinya, tanpa dikasih obat atau

Kambing Jantan (Monolog & Adelaide Sky)

Film Kambing Jantan garapan Rudi Soedjarwo dan kawan-kawan ini seperti menghipnotisku dari awal sampai akhir cerita. Kisahnya yang ringan bernuansa drama komedi bikin aku untuk sesaat ketawa lalu menangis haru. Ceritanya diambil dari tulisan blognya Raditya dika yang berdasar kisah nyata percintaan dan kehidupan dia. Salah satu bagian yang aku suka itu pas si Raditnya Dika, si pelajar bodoh itu, mutusin untuk pergi ke Melbourne daripada memenuhi permintaan pacarnya si Kebo buat pulang ke Indonesia pas di hari ulang tahun si Kebo.